Mengenai Saya

Foto Saya
Herry Juliansyah
Terkadang hidup ini memang kejam

Minggu, 12 Juli 2009

Fadilah Puasa Syawal 6 Hari

Siapa berbuat amal (satu) yang baik, maka pahalanya 10 x lipat amalnya, dan siapa berbuat (satu) kejahatan, maka tiada balasan kecuali setimpal dengan kejahatannya, dan tidak sedikitpun mereka dirugikan” (Al-An’am : 160).
Maksudnya mereka diperlakukan secara adil, sedikitpun tidak dikurangi pahala amalnya dan tidak dilipatkan siksa kejahatannya (Qadhi Baidawi)
- Nabi SAW bersabda :
Siapa bershalawat kepadaku pada hari Jum’at 100 x, maka ia datang kelak di hari kiamat dibarengi nur / cahaya, apabila nur tersebut dibuat menyinari makhluk, pasti memadai.
- Dari Abu Hurairah ra dan Abu Ayyub ra, Nabi SAW bersabda :
Siapa berpuasa ramadhan, lalu disambung dengan 6 hari puasa syawal, maka ia dianggap berpuasa setahun penuh (HR. Muslim)
Itulah makna : “Siapa berbuat satu amal baik pahalanya 10 x lipat amalnya” (Al-An’am : 160).
Sebab satu tahun = 360 hari, sedang puasa ramadhan 30 hari = 30 x 10 = 300 hari. Dan yang puasa 6 hari bulan syawal berarti 60 hari, yang berarti pula telah berpuasa selama 360 hari atau setahun penuh, itulah makna sabda Nabi SAW “Siapa puasa ramadhan, lalu disambung 6 hari puasa bulan syawal, maka ia dianggap puasa penuh setahun” (HR. Muslim)
Setengahnya ada yang beralasan khawatir meniru perbuatan kaum nasrani / ahli kitab yang suka berlebihan / menambah yang fardhu, akan tetapi alasan itu tidak terbukti nyata / dipatahkan, akibat diputusnya tasyabbuh dengan berbuka di saat Idul Fitri, dan lebih jelas lagi adanya pemisah antara yang fardhu, sedang puasa 6 hari syawal / yang sunnah (Durratul Wa’idhin)
- Bahkan Sayid Az-Zadah menegaskan “Tehnis pelaksanaan puasa 6 hari ini sebaiknya disamakan sebagaimana puasa ramadhan, sebab ia berfungsi sebagai penebus / penyempurna kesunahan”, namun apabila dikerjakan secara terpisah-pisah / tidak terus-menerus selama 6 hari, juga sudah cukup”
Bacaan lain yang mungkin sobat cari :

Comments :

0 orang yang suka kasih pendapat to “Fadilah Puasa Syawal 6 Hari”


Poskan Komentar